Selasa, 30 September 2014

BANYUWANGI CITY

      BANYUWANGI MY CITY

  Banyuwangi adalah tempat dimana aku lahir,Banyuwangi merupakan tempat paling ujung timur dari pulau jawa yang letaknya diapit oleh gunung disebelah barat dan timur lautanyang terbentang luas sebagian banyak warga Banyuwangi sebelah timur mempunyai profesi sebagai nelayan dan sebelah barat sebagai petani.Banyuwangi merupakan kabupaten terbesar di pulau jawa,banyuwangi juga mempunyai pelabuhan yang bernama Ketapang yaitu penghubung pulau jawa dengan Gilimanuk Bali.
     
Banyuwangi juga mempunyai beberapa gunung yaitu: puncak tinggi Ijen (Kawah Ijen),gunung Raung,gunung Merapi.Banyuwangi merupakan kawasan konversi yang dilindungi cagar alam yaitu:Taman Nasional Meru Betiri,Pantai Sukamade,Taman Nasional Alas Purwo.
        Daerah Banyuwangi mempunyai penduduk yang beraneka ragam antara lain : Suku Oseng,Suku Madura,Suku Mandar,Suku Bugis,Suku Bali,dan Jawa.Kebudayaan yang paling terkenal yaitu tarian Gandrung,Janger,Sablang,Jaranan dan masih banyak lainnya,Makanan khas : Sego Tempong,Rujak Soto,wiyongkong,bagiak,salle pisang, dan lain-lain

Kabupaten Banyuwangi menyandang beberapa julukan, diantaranya:
  • Kota Banteng
Kabupaten Banyuwangi dijuluki kota banteng dikarenakan di Banyuwangi tepatnya di taman Nasional Alas Purwo terdapat banyak banteng jawa.
  • The Sunrise of Java
Julukan The Sunrise of Java disandang Kabupaten Banyuwangi tidak lain karena daerah yang pertama terkena sinar matahari terbit di pulau Jawa.
  • Kota Pisang
Sejak dahulu Kabupaten Banyuwangi sangat dikenal sebagai penghasil pisang terbesar, bahkan tiap dipekarangan rumah warga selalu terdapat pohon pisang.
  • Kota Gandrung
Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan Tari Gandrung yang menjadi maskot kabupaten ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar